Senin, 05 Oktober 2009

GINJAL KRONIS

IgA Nefropati adalah penyakit ginjal kronis yang berlangsung 10-20 tahun. Hal ini disebabkan oleh endapan protein imunoglobulin A (IgA) dalam glomeruli (penyaring) dalam ginjal. Glomeruli ini biasanya berfungsi sebagai penyaring limbah dan kelebihan air dari darah dan mengirimkannya ke kandung kemih sebagai urin. Namun, protein IgA mencegah proses penyaringan ini. Hal ini dapat mengakibatkan darah dan protein dalam urin dan bengkak di tangan dan kaki. Tidak diketahui apa yang menyebabkan endapan IgA tersebut.

Gejala
Gejala yang paling umum adalah darah dalam urin. Sampai timbul gejala penyakit ini perlu bertahun-tahun dan� menyebabkan komplikasi seperti bengkak, infeksi saluran pernapasan atas berulang, atau penyakit usus.

Perawatan
Pengobatan khusus untuk nefropati IgA akan ditentukan oleh dokter berdasarkan usia, kondisi kesehatan pasien, riwayat kesehatan, dampak penyakit. Perawatan termasuk:
diet, pengurangan kolesterol, obat, berhenti merokok, latihan dan pemeliharaan berat badan normal, serta kontrol tekanan darah.

Sumber: medlineplus dan healthsystem.

1 komentar:

mastal mengatakan...

informasi yang bagus, salam kenal oke

Posting Komentar